Sabtu, 19 Maret 2011

Kenapa kita lebih dianjurkan membuat aplikasi dengan software open source???

Software open source, mungkin kita sudah mengetahui apa itu software open source. Software open source adalah software yang dapat digunakan oleh user dengan cuma2 atau diberikan gratis oleh pihak pengembang software tersebut. Contoh nya adalah netbeans, eclipse, dan lain nya.Selain software yang diberikan secara cuma-cuma, terdapat pengembang membagikan source-source atau code2 yang digunakan untuk mengembangkan software tersebut.


Lalu dari mana tim pengembang software mendapatkan keuntungan? Tim pengembang mendapatkan dana dari donatur yang sangat berkepentingan atau memerlukan perkembangan dari sofware tersebut, namun terkadang tidak semua software open source dapat kita gunakan dengan baik. Karena biasanya software opensource tampilan atau struktur penggunaan nya lebih rumit.

Jadi orang-orang pengguna software open source terkadang membuat komunitas atau kelompok-kelompok untuk mencari solusi atau berbagi pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki. Namun bagi perusahaan besar yang terbiasa menggunakan software open source, pihak perusahaan tetap menyewa atau membayar kepada tim pengembang untuk mengkonfigurasi software atau mengadakan pembelajaran atau pelatihan untu menggunakan software tersebut.

Sehingga berdasarkan beberapa hal tersebut, kita dapat menyimpulkan beberapa kekurangan dan kelebihan dari software open source tersebut. Beberapa keuntungan dari software open source tersebut adalah :
- Software open source bersifat gratis
- Code-code dishare secara cuma-cuma
- terdapat banyak group atau komunitas yang mensupport penggunaan software tersebut

kekurangan, antara lain:
- kurang user friendly,
- pengembangan software sangat cepat
- konfigurasi atau tingakat kerumitan struktur software yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner