Minggu, 04 April 2010

Motivasi


Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.
Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain/organisasi.
Setiap individu memiliki motivasi yang berbeda dalam melakukan suatu hal. Dan cara memunculkan motivasi pun berbeda-beda cara nya. Individu lebih mengetahui bagaimana cara ia mendapatkan motivasi nya. Dengan ada nya motivasi, pekerjaan atau suatu hal yang dilakukan lebih mendapat dorongan secara psikologis dari dalam diri untuk menyelesaikan nya dalam target dan hasil tertentu berdasarkan yang ia inginkan.
Namun motivasi saja tidaklah berarti jika tidak kita kerjakan apa yang kita motivasikan tersebut. Karena terkadang ada individu yang memiliki rencana dan motivasi yang tinggi namun dalam menjalani apa yang ia lakukan atau kerjakan tidak lah sebesar motivasi nya. Ia hanya bermotivasi dan merencanakan pekerjaan nya, namun ia sulit untuk memulai dan menyelesaikan nya. Oleh karena itu,motivasi dari diri sendiri tidaklah cukup. Kita pun terkadang harus mendapatkan motivasi dari lingkungan luar untuk menumbuhkan semangat dari diri kita. Terutama motivasi dari orang yang terdekat dan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner