Rabu, 13 Oktober 2010

Sepenggal Tulisan Tentang Telematika

Telematika

Dari Wikipedia, saya mendapatkan informasi mengenai pengertian telematika. Yaitu, telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah Telematika sering dipakai unuk beberapa macam bidang, sebagai contohnya adalah :
·         Integrasi antara system telekomunikasi dan informatika yang terkenal  sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT(Information and Communications Technology). Secara spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

·         Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi system navigasi/penempatan global atau GPS(Global Positioning System) sebagai bagian integral dari computer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communications technology).

·         Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas(road vehicles dan vehicle telematics).

Wah, sebagian informasi dari situs Wikipedia kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa pandangan masyarakat selama ini tentang Telematika itu sebagian besar salah. Dahulu saya berfikir bahwa Telematika itu adalah ilmu yang mempelajari tentang mengolah data atau informasi berupa gambar atau video yang selama ini marak diberitakan di media masa. Ternyata pendapat saya selama ini salah. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama bahas lebih lanjut lagi dari berbagai sumber.

Dan dari sumber http://suciptoardi.wordpress.com/2008/05/15/perkembangan-telematika-di-indonesia/, saya mendapat informasi bahwa Telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “ TELEMATIQUE”. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu system elektronik yang lahir dari perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informatika yang masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai system elektronik berbasiskan digital atau the net. Berdasarkan beberapa pendapat yang ada dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa telematika sebagai berikut :

1.     Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.

2.     Kemampuannya adalah mentrasmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan menjangkau seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantara suara(telepon, music), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.

3.      Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus(intranet).

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi satu arah maupun timbale balik dengan system digital.

Untuk informasi daftar peraturan ICT Indonesia dapat dilihat disitus ini : http://www.mastel.or.id/index.php?q=content/regulasi-ict-indonesia-peraturan-menteri

Kemudian kita dapat melihat ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sector, maka tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja semua usaha dalam semua sector, social, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah :

1.      E-government
E-gov dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia(TKTI).

2.      E-commerce
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs web, membuat pesanan atau kontrak, mentrasfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim.

3.      E-learning
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional kea rah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh dengan media internet berbasis web atau situs. Dan dibeberapa Universitas, contoh nya Gunadarma telah menerapkan cara belajar tersebut. Tapi menurut saya cara belajar tersebut bergantung kepada keaktifan dan kesadaran mahasiswa tersebut. Walaupun cara belajar apat diberikan dengan media maya, namun jika hal tersebut hanya menjadi syarat untuk mencapai suatu nilai tertentu, hal rsebut tidaklah berguna. Yang berguna kelak adalah ilmu yang kita gali dan kita dapat selama kita mendapatkan informasi dan pengetahuan itu.
Sepertinya tulisan mengenai Telematika masih sangat luas dan tidak lah cukup dibahas melalui media yang sangat terbatas ini. Mungkin nantinya kita dapat menggali lebih lanjut. Semoga informasi yang diberikan dari sepenggal tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan untuk para nara sumber, saya ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner