Senin, 17 Mei 2010

MIDP User Interface

MIDP user interface didesain untuk peralatan mobile. Aplikasi MDIP ditunjukan pada area
limited screen. Peralatan memory juga menjadi faktor penting jika perlengkapan mobile
hanya memiliki kapasitas memory yang kecil.
Dengan berbagai macam peralatan mobile, dari berbagai model mobile phones sampai
PDAs, MIDP user interface telah didesain untuk lebih fleksibel dan mudah digunakan
dalam berbagai macam peralatan ini.
MIDP mempunyai class yang dapat menangani fungsi high-level dan low-level user
interface. High-level UI interfaces didesain secara fleksibel. Penampilan dari komponen
ini tidak didefinisikan secara spesifik. Penampilan screen yang sebenarnya dari berbagai
macam komponen ini digunakan dari satu peralatan ke peralatan yang lain. Tetapi para
programmer telah teryakinkan oleh kegunaan dari high-level komponen UI interfaces
memiliki persamaan dalam berbagai spesifikasi-pengimplementasi secara keseluruhan.

High Level UI:

-highly portable across devices
-look dan feel sama dengan peralatannya
-Memiliki interaksi seperti scrolling yang
dienkapsulasi
-Penampilannya tidak dapat digambarkan
secara aktual

-Tidak memiliki akses untuk peralatan
dengan feature yang spesifik




Low-Level UI :
-Memungkinkan semua peralatan
-Spesifik aplikasi look and feel

-Pengimplementasiannya harus dengan
petunjuk sendiri


-Penampilannya tidak dapat digambarkan
dalam satuan pixel
-Mengakses masukkan low-level hanya
dengan menekan

Kapan menggunakan High-Level UI
· Saat membangun aplikasi text-based yang mudah
· Saat Anda ingin aplikasi Anda dapat dengan mudah dipertukarkan dengan berbagai
   macam peralatan (Portabilitas)
· Saat Anda ingin aplikasi Anda memiliki tampilan yang sama dengan komponen UI
  yang lain dari berbagai peralatan
· Saat Anda ingin kode Anda dapat menjadi sesedikit mungkin, ketika sebuah interaksi
  ditangani oleh API

Kapan menggunakan Low-Level UI
· Saat Anda memerlukan sebuah high-level untuk mengkontrol tampilan dari suatu
  aplikasi
· Saat aplikasi Anda membutuhkan tempat yang tepat dari elemen-elemen yang ada
  pada screen
· Saat membuat game secara grafik; meskipun Anda tetap dapat menggunakan highlevel
  UI pada menu game, hal tersebut lebih disarankan untuk membuat menu UI
  Anda sendiri untuk menghindari seamless atmosphere bagi para user
· Saat sebuah aplikasi membutuhkan akses ke low-level yang memiliki inputan seperti
  key presses
· Jika aplikasi Anda akan diimplementasikan pada layar navigasi Anda sendiri

sumber : jeni ebook

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner