Buat class midlet :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class HelloCanvasMIDlet extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas canvas;
Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 0);
public void startApp() {
if (display == null){
canvas = new HelloCanvas(this, "Hello, world!");
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(canvas);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
protected void Quit(){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}
class HelloCanvas extends Canvas implements CommandListener {
private Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 0);
private HelloCanvasMIDlet midlet;
private String text;
public HelloCanvas(HelloCanvasMIDlet midlet, String text) {
this.midlet = midlet;
this.text = text;
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);
}
protected void paint(Graphics g) {
// membersihkan layar dengan mengisi semua layar dengan warna putih
g.setColor(255, 255, 255 );
g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());
// mengatur warna tulisan dengan warna hitam
g.setColor(0, 0, 0);
// dan menulis sebuah text
g.drawString(text,
getWidth()/2, getHeight()/2,
Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (c == exitCommand){
midlet.Quit();
}
}
}
Dengan midlet “HelloCanvasMIDlet”, kita membuat sebuah class yang ber-extend Canvas
class HelloCanvas extends Canvas implements CommandListener {
Kemudian kita menambahkan perintah (“Exit”) dan mengatur command listener nya.
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);
Kita menciptakan command listener dengan mengimplementasikan class
CommandListener. Ini berarti membuat class yang memiliki metode commandAction.
class HelloCanvas extends Canvas implements CommandListener {
...
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
...
Inti dari program ini adalah metode paint(). Set pertama dari pemanggilan metode
adalah membersihkan layar.
g.setColor(255, 255, 255 );
g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());
Dan kemudian grafik memanggil metode drawString() untuk menampilkan
“Hello,World!” pada layar :
// mengatur warna tulisan dengan warna hitam
g.setColor(0, 0, 0);
// dan menulis sebuah text
g.drawString(text, getWidth()/2, getHeight()/2,
Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
sumber : jeni ebook
Senin, 17 Mei 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pengikut
Category
- B.indonesia (26)
- cyber crime (8)
- cyber law (1)
- Database (1)
- Grafik (2)
- it audit (1)
- jaringan (4)
- nasional (1)
- Pemograman (2)
- Pemrograman Java (8)
- Pengelolaan Proyek Sistem Informasi (2)
- sosial (2)
- Telematika (2)
0 komentar:
Posting Komentar