Minggu, 11 Oktober 2009

TUGAS RAGAM BAHASA

1. Apa yang Dimaksud Ragam Bahasa?

          Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut pembicaraan, kawan bicara, dan orang yang dibicarakan.Dalam bahasa Indonesia ada istilah kosa kata bahasa indonesia yang dikenal sebagai ragam bahasa indonesia baku, yang dipakai sebagai tolak ukur kita sebagai warga negara Indonesia untuk bisa menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD bukan menurut suatu instansi atau lembaga tertentu.Dalam berbahasa kita harus melihat siapa lawan bicara kita, dengan demikian seyogyanya kita berbahasa indonesia yang baik dan benar.



Ragam bahasa dibagi berdasarkan media pengantarnya atau sarananya, yang terdiri atas :
a.    Ragam lisan.
b.   Ragam tulis.

 Ragam lisan adalah bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa. Kita dapat menemukan ragam lisan yang standar, misalnya pada saat orang berpidato atau memberi sambutan, dalam situasi perkuliahan, ceramah; dan ragam lisan yang nonstandar, misalnya dalam percakapan antarteman, di pasar, atau dalam kesempatan nonformal lainnya.

         Ragam tulis adalah bahasa yang ditulis atau yang tercetak. Ragam tulis pun dapat berupa ragam tulis yang standar maupun nonstandar. Ragam tulis yang standar kita temukan dalam buku-buku pelajaran, teks, majalah, surat kabar, poster, iklan. Kita juga dapat menemukan ragam tulis nonstandar dalam majalah remaja, iklan, atau poster.


2. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa!Berikan ilustrasinya!

         Indonesia memiliki daerah yang sangat luas, selain itu negara ini pun di karuniai berbagai macam suku bangsa, bahasa dan budaya.Hal tersebut menyebabkan timbul nya ragam bahasa di negara ini.Bahasa daerah yang ada disuatu wilayah biasa nya menjadi bahasa sehari-hari diwilayah tersebut, misal nya orang-orang Lampung berbicara dengan bahasa Lampung nya, maupun didaerah-daerah lain.

         Selain budaya,pergaulan dan dari topik pembicaraan pun dapat mengakibatkan terbentuk nya ragam bahasa tersebut.Misal nya,kata panggilan terhadap lawan bicara yang benar adalah "anda, saudara/i,kamu" menjadi "lu", ataupun yang lain nya baik dilingkup pergaulan atau kelompok-kelompok tertentu misal nya kumpulan banci-banci, funkers,atau yang lain nya.Dan dari topik pembicaraan, misal nya disuatu seminar tentang kedokteran, para pembicara sering mengucapkan kata-kata yang tidak dikenal oleh orang biasa atau orang yang tidak mengetahui tentang kedokteran tersebut.Hal tersebut dikarenakan para pembicara menggunakan bahasa yang biasa digunakan oleh para dokter atau para medis.
        

            

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner