Jumat, 05 Maret 2010

Model View Controller(MVC)


Model-View-Controller (MVC) adalah sebuah perangkat lunak arsitektur saat ini dianggap sebagai sebuah pola arsitektur yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak. Pola isolat "domain logika" (logika aplikasi untuk pengguna) dari masukan dan presentasi (GUI), memungkinkan pengembangan independen, pengujian dan pemeliharaan dari masing-masing.
Model adalah domain spesifik representasi data pada aplikasi yang beroperasi. Domain logika menambahkan makna pada data mentah (misalnya, menghitung apakah hari ini adalah hari ulang tahun pengguna, atau total, pajak, dan biaya pengiriman untuk keranjang belanja item). Ketika sebuah model mengubah keadaan, itu akan memberitahu yang terkait pandangan sehingga mereka dapat menyegarkan.
Banyak aplikasi menggunakan mekanisme penyimpanan persisten seperti database untuk menyimpan data. MVC tidak secara spesifik menyebutkan lapisan akses data karena dipahami bawah atau dienkapsulasi oleh model. Model akses data tidak objek, namun pada aplikasi yang sangat sederhana yang memiliki sedikit domain logika tidak ada perbedaan nyata yang harus dibuat. Juga, ActiveRecord adalah pola desain yang diterima penggabungan domain logika dan data kode akses - sebuah model yang tahu bagaimana untuk bertahan sendiri.
view merender model menjadi bentuk yang cocok untuk interaksi, biasanya elemen antarmuka pengguna. Beberapa pandangan bisa eksis untuk satu model untuk berbagai tujuan.
Pengontrol menerima input dan memulai tanggapan dengan membuat panggilan pada objek model.
Sebuah aplikasi MVC mungkin koleksi model / view / controller kembar tiga, masing-masing bertanggung jawab atas elemen UI yang berbeda.
MVC ini sering terlihat pada aplikasi web di mana tampilan HTML atau XHTML yang dihasilkan oleh aplikasi. Pengendali GET atau POST menerima masukan dan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan itu, diserahkan kepada obyek domain (yaitu model) yang berisi aturan bisnis dan tahu bagaimana melaksanakan tugas-tugas khusus seperti pengolahan langganan baru.
sumber : wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner