Senin, 11 April 2011

COCOMO

Constructive Cost Model

Constructive Cost Model (COCOMO) adalah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm. Model ini menggunakan rumus regresi dasar, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek proyek saat ini.

COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Barry Boehm W. 's Book ekonomi Software engineering sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Ini menarik pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana Barry Boehm adalah Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981. Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris kode, dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I. Proyek-proyek ini didasarkan pada model pengembangan perangkat lunak waterfall yang merupakan proses software umum pembangunan di tahun 1981.


Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1997 COCOMO II telah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 dalam buku Estimasi Biaya COCOMO II Software dengan COCOMO II. adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak dukungan untuk proses pengembangan perangkat lunak modern, dan basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software off-the-rak. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.

Constructive Cost Model II (COCOMO ™ II) adalah model yang memungkinkan seseorang untuk memperkirakan biaya, usaha, dan jadwal ketika merencanakan suatu kegiatan pengembangan perangkat lunak baru. COCOMO ™ II adalah perpanjangan utama terbaru ke ™ COCOMO asli (COCOMO ™ 81) model diterbitkan pada tahun 1981. Ini terdiri dari tiga submodels, masing-masing menawarkan satu peningkatan kesetiaan lebih lanjut sepanjang satu adalah dalam perencanaan proyek dan proses desain. Tercantum dalam meningkatkan kesetiaan, submodels ini disebut Komposisi Aplikasi, Desain Awal, dan model Post-arsitektur.

COCOMO terdiri dari tiga bentuk hirarki semakin rinci dan akurat. Tingkat pertama, Basic COCOMO adalah baik untuk cepat, order awal, kasar estimasi besarnya biaya perangkat lunak, namun akurasinya terbatas karena kurangnya faktor untuk memperhitungkan perbedaan atribut proyek (Cost Drivers). Intermediate COCOMO mengambil Driver Biaya ini diperhitungkan dan Rincian tambahan COCOMO account untuk pengaruh fase proyek individu.


1. Model COCOMO Dasar
Model COCOMO dapat diaplikasikan dalam tiga tingkatan kelas:
• Proyek organik (organic mode) Adalah proyek dengan ukuran relatif kecil, dengan anggota tim yang sudah berpengalaman, dan mampu bekerja pada permintaan yang relatif fleksibel.
• Proyek sedang (semi-detached mode)Merupakan proyek yang memiliki ukuran dan tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat keahlian yang berbeda
• Proyek terintegrasi (embedded mode)Proyek yang dibangun dengan spesifikasi dan operasi yang ketat
Model COCOMO dasar ditunjukkan dalam persamaan 1, 2, dan 3 berikut ini:


Dimana :
E : besarnya usaha (orang-bulan)
D : lama waktu pengerjaan (bulan)
KLOC : estimasi jumlah baris kode (ribuan)
P : jumlah orang yang diperlukan.
Sedangkan koefisien ab, bb, cb, dan db diberikan pada Tabel 1 berikut:
Tabel 1 . Koefisien Model COCOMO Dasar


1.1 Estimasi Usaha Pengembangan
Untuk tiga kelas produk perangkat lunak, rumus untuk memperkirakan upaya berdasarkan ukuran kode adalah sebagai berikut:

Organic: Effort = 2.4(KLOC)1.05 PM
Semi-Detached: Effort = 3.0(KLOC)1.12 PM
Embedded: Effort = 3.6(KLOC)1.20 PM
PM: Person Months

1.2 Estimasi Waktu Pengembangan
Untuk tiga kelas produk perangkat lunak, rumus untuk memperkirakan waktu pengembangan berdasarkan usaha yang diberikan di bawah ini:

Organic: Tdev = 2.5(Effort)0.38 Months
Semi-detached: Tdev = 2.5(Effort)0.35 Months
Embedded: Tdev = 2.5(Effort)0.32 Months

Estimasi usaha yang dinyatakan dalam satuan orang-bulan (PM). Ini adalah daerah di bawah orang-bulan plot seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Perlu hati-hati dicatat bahwa upaya 100 PM tidak berarti bahwa 100 orang harus bekerja untuk 1 bulan juga tidak berarti bahwa 1 orang harus digunakan untuk 100 bulan, tapi itu menandakan luas area di bawah kurva orang-bulan.


Dari gambar berikut yang menunjukkan sebidang upaya versus estimasi ukuran produk. Kita bisa mengamati bahwa upaya agak superlinear dalam ukuran produk perangkat lunak. Dengan demikian, upaya yang diperlukan untuk mengembangkan produk meningkat sangat pesat dengan ukuran proyek.


Sekarang plot gambar berikut waktu pengembangan vs ukuran produk dalam KLOC dapat dilihat bahwa waktu pengembangan adalah fungsi sublinear dari ukuran produk, yaitu ketika ukuran produk meningkat dua kali, waktu untuk mengembangkan produk tidak dua kali pula namun cukup terjadi peningkatan.
Catatan: Perlu dicatat bahwa upaya dan estimasi durasi diperoleh dengan menggunakan model COCOMO disebut sebagai upaya estimasi nominal dan perkiraan durasi nominal.

2. Model COCOMO Lanjut (Intermediate COCOMO)
Pengembangan model COCOMO adalah dengan menambahkan atribut yang dapat menentukan jumlah biaya dan tenaga dalam pengembangan perangkat lunak, yang dijabarkan dalam kategori dan subkatagori sebagai berikut:

2.1 Atribut produk (product attributes)
1. Reliabilitas perangkat lunak yang diperlukan (RELY)
2. Ukuran basis data aplikasi (DATA)
3. Kompleksitas produk (CPLX)

2.2 Atribut perangkat keras (computer attributes)
1. Waktu eksekusi program ketika dijalankan (TIME)
2. Memori yang dipakai (STOR)
3. Kecepatan mesin virtual (VIRT)
4. Waktu yang diperlukan untuk mengeksekusi perintah (TURN)

2.3 Atribut sumber daya manusia (personnel attributes)
1. Kemampuan analisis (ACAP)
2. Kemampuan ahli perangkat lunak (PCAP)
3. Pengalaman membuat aplikasi (AEXP)
4. Pengalaman penggunaan mesin virtual (VEXP)
5. Pengalaman dalam menggunakan bahasa pemrograman (LEXP)

2.4 Atribut proyek (project attributes)
1. Penggunaan sistem pemrograman modern(MODP)
2. Penggunaan perangkat lunak (TOOL)
3. Jadwal pengembangan yang diperlukan (SCED)

Estimasi usaha pengembangan:
Untuk tiga kelas produk perangkat lunak, rumus untuk memperkirakan upaya berdasarkan ukuran kode adalah sebagai berikut:

Organic: Effort = 3.2(KLOC)1.05 PM
Semi-Detached: Effort = 3.0(KLOC)1.12 PM
Embedded: Effort = 2.8(KLOC)1.20 PM
PM: Person Months

Estimasi waktu pengembangan:
Untuk tiga kelas produk perangkat lunak, rumus untuk memperkirakan waktu pengembangan berdasarkan usaha yang diberikan di bawah ini:

Organic: Tdev = 2.5(Effort)0.38 Months
Semi-detached: Tdev = 2.5(Effort)0.35 Months
Embedded: Tdev = 2.5(Effort)0.32 Months

3. Detailed COCOMO
Detil COCOMO - menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali untuk setiap driver biaya atribut Tahap pengganda ini upaya Sensitif masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap.

Pada COCOMO rinci, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO rinci perencanaan kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan pengujian integrasi.

Sumber:
http://gembel-it.tk/
http://yayuk05.wordpress.com/2007/11/09/constructive-cost-model-cocomo/
http://www.c-sharpcorner.com/UploadFile/nipuntomar/6502/

0 komentar:

Posting Komentar

.... © 2008 Template by:
SkinCorner